Zona Orange, Disdik Sumenep Instruksikan PJJ Lagi

Zona Orange, Disdik Sumenep Instruksikan PJJ Lagi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. Carto, MM

SUMENEP, Unews.id – Kegiatan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah mulai diberlakukan pada beberapa waktu yang lalu. Namun, baru seumur jagung saja, nuansa Pendidikan di Kota Berlambang Keris ini, kembali harus menjalankan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Dalam peta sebaran Covid-19 tertanggal 17 November 2020. Wilayah Kecamatan Kota kembali berada di zona orange, bersamaan dengan Kecamatan Bluto dan Kecamatan Talango. Hal ini tentu saja berdampak pada nuansa PTM yang baru saja dilaksanakan di wilayah kecamatan kota

“Hari ini saja, sudah ada tiga kecamatan kembali berada di zona orange. Sehingga di instruksikan sekolah kembali harus melaksanakan PJJ,” Kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Carto, Selasa, (17/11).

Carto juga menambahkan, sesuai dengan Surat Edaran yang sudah dikeluarkan tertanggal 23 Oktober 2020 lalu. Salah satu isi yang terdapat pada SE tersebut, bahwa dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah yang ada di Sumenep, dengan mengacu dan melihat dari peta sebaran Covid-19

“Jangan menunggu surat atau menunggu petunjuk dari dinas lagi. Kepala Sekolah sudah memahami dan mengetahui melalui surat edaran tersebut, sehingga secara otomatis, kegiatan PTM ataupun PJJ mengacu dan menyesuaikan dengan zona,” imbuhnya.

Sebenarnya sudah ada tim khusus yang bertugas menginformasikan kepada sekolah-sekolah terkait situasi dan kondisi terkini tentang perkembangan Covid-19.

“Meskipun tidak ada surat dari kami, mereka (para kepala sekolah) sudah harus melakukan sistem PJJ kalau di wilayahya sudah berada di zona orange,” tutupnya. (yy)