Tren Bersepeda Semakin Diminati, Begini Cara Merawat Sepeda yang Baik

Tren Bersepeda Semakin Diminati, Begini Cara Merawat Sepeda yang Baik
Tren Bersepeda Semakin Diminati, Begini Cara Merawat Sepeda yang Baik

Bersepeda kini semakin menjadi tren baru dan banyak diminati oleh masyarakat mulai dari pedesaan sampai di kota-kota besar Indonesia.

Jika dulu pernah ada tren sepeda fixie, lalu sepeda roadbike, dan sepeda klasik, hingga sepeda lipat, kini yang terjadi berbeda.

Begini cara merawat sepeda dengan baik dan benar

Seperti halnya barang-barang lain, agar sepeda awet dan tetap nyaman digunakan, si pemilik tentu harus merawat sepeda dengan baik.

Pemilik merek sepeda lipat Kreuz, Yudi Yudiantara mengatakan, hal pertama yang harus dicek rutin adalah bagian rem, pedal, hingga bagian kunci penyambung -untuk sepeda lipat.

"Kalau ada yang kering, kasih stempet. Kalau rantai mulai kering, kasih pelumas," ujar Yudi seperti yang dikutip dari laman Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Selain itu, kata Yudi, jika habis terkena hujan, bilaslah sepeda dengan air dan keringkan, sebelum menyimpannya. "Jika tidak, sepeda akan mudah berkarat," imbuhnya.

Di samping itu, pada saat sepeda akan dibersihkan hindari dari penggunaan sabun. Sebab, sabun akan menghilangkan pelumas yang ada pada beberapa bagian sepeda.

Kemudian keringkan cepat setelah dibersihkan. "Kalau tidak terlalu kotor, cukup dilap saja," jelasnya.

Apabila sepeda jarang digunakan, sebaiknya disimpan dalam posisi digantung untuk menghindari terjadinya kerusakan pada ban.

Namun, apabila sepeda yang sudah lama tak dipakai, dan akan digunakan lagi, maka ban menjadi bagian yang pertama kali harus dicek.

"Sebab lama-lama ban akan kempes kalau tidak digunakan. Kalau dipaksa akan makin rusak," tandasnya. (yt/an/fd)