Tips Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas

Tips Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas
Tips Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas (Foto - Istimewa)

TIPS, Unews.id - Sebelum Membeli Mobil Bekas adakalanya harus mempertimbangkan dan mempelajari berbagai hal dan kemungkinan-kemungkinan lain agar budget/uang yang akan Anda belanjakan, sesuai dengan selera dan keinginan. Jika hal ini Anda abaikan begitu saja maka, bisa saja nanti bukan kepuasaan yang di dapat, melainkan penyesalan yang bisa menyebabkan timbulnya rasa kecewa hingga putus asa dikarenakan membeli roda empat tidak sesuai dengan pilihan hati (tidak layak)

Bagi sebagaian orang, membeli kendaraan/mobil bekas bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mudah dalam hal berbicara, namun saat praktek dilapangan/mobil sudah didepan mata terkadang kitapun terkecoh lantaran tidak sesuai dengan harapan.  

Terkadang sebagian penjual lebih pinter untuk menjual barang dagangannya agar sebisa mungkin bisa memikat hati pembeli. Untuk itu, Tips Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas berikut ini, bisa Anda jadikan sebagai dasar/panduan disaat ingin membeli roda empat agar uang yang akan Anda keluarkan sesuai dengan keinginan.

1. Pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli mobil adalah pastikan budget/uang sesuai dengan roda empat yang akan Anda beli. Mintalah saran dan petunjuk kepada teman/orang yang ahli dibidang otomotif roda empat/reparasi mobil atau perbanyak mencari referensi tentang kendaraan apa yang akan Anda beli. 

2. Telurusuri dan pahami kelebihan serta kekurangan mobil yang akan Anda beli

3. Saat melihat mobil yang akan Anda beli, pastikan seluruh desaign tampak luar dilihat secara seksama. Seluruh isi ruangan dalam mobil sembari melontarkan sepatah dua kata kepada si penjual/menanyakan silsilah mobil

4. Perhatikan suspensi mobil tidak terdapat rembesan oli. Sebab, hal ini bisa menandakan kalau suspensi baik, maka kemungkinan besar roda empat tersebut masih terbilang sehat.

5. Coba kemudian kemudikan, lalu pastikan tidak ada suara-suara nyeleneh saat Anda menunggangi mobil tersebut. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk memastikan bahwa kaki-kaki depan masih berfungsi normal atau sebagaimana mestinya.

6. Cek akurasi setir. Saat Anda mengendarai mobil tersebut. Coba carilah jalan yang terlihat sepi, kemudikan dengan kencang lalu lepaskan tangan kemudi sejenak. Jika laju mobil masih lurus dan terlihat tidak sedikit oleng, ini menandakan mobil baik-baik saja (dalam artian mobil tak perlu minta spooring)

7. Lalui kendaraan mencoba melewati jalan agak kurang sehat/ bergelombang. Jika suspensi masih sehat, maka tidak akan mendengar suara pegas yang seolah berbunyi kriek..kriek.

8. Buka dan liat bagian mesin, tanyakan dan pastikan melihat takaran oli pada mobil tersebut. Sebab sebagian penjual terkadang sedikit nakal dengan memerikan oli cukup banyak agar mesin terdengar halus saat dinyalakan.

9. Terakhir, lebih baik jangan terburu-buru membeli mobil bekas yang ditawarkan dengan harga miring. Sebab bisa saja ada masalah yang disembunyikan pada roda empat tersebut.

Itulah sedikit ulasan singkat superadmin mengenai Tips Mudah Sebelum Membeli Mobil Bekas. Semoga informasi ini bisa membantu Anda disaat ingin memiliki mobil seken dengan menyetarakan budget/isi kantong agar tidak menimbulkan penyesalan sesaat setelah membeli roda empat yang Anda impikan. (yy)