Tips Mudah Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan

Tips Mudah Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan
Tips Mudah Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan (Foto - Istimewa)

TIPS, Unews.id – Saat musim hujan tiba merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi para pengguna sepeda motor bebek (motor manual), lantaran rantai akan mudah berkarat disaat terkena air hujan. 

Apalagi rantai merupakan salah satu komponen luar yang sangat penting dan berfungsi dapat menggerakkan laju roda motor saat dikendarai. Jika hal diabaikan begitu saja, maka kemungkinan besar nanti akan merembet ke sesuatu hal yang tidak kita inginkan, seperti rantai seperti terasa kaku, tidak lagi elastis dan bahkan bisa saja rantai menjadi putus. 

Sebagian orang seringkali tidak memperhatikan kebersihan dan keamanan rantai. Oleh sebab itu superadmin kali ini, ingin berbagi Tips Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan tiba, agar sepeda motor yang Anda tunggangi tidak mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan. 

Tips Mudah Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan 

1. Hal pertama dan cukup mudah Anda lakukan adalah selalu cek kondisi rantai baik saat musim kemarau ataupun saat musim hujan tiba (lebih-lebih bagi Anda para pengguna aktif roda dua). Apakah masih sebatas wajar digunakan ataukah perlu diganti, saat umur rantai sudah memasuki batas waktu pemakaian (usia rantai sudah tua). 

Baca Juga: Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayangan Anda

Namun hal utama yang perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya rantai berkarat saat musim hujan tiba adalah selalu bersihkan saat terkena air hujan. Sebab jika dibiarkan, maka rantai akan mudah dihinggapi kotoran dan memicu munculnya rantai dan komponen lainnya berkarat.

Ilustrasi Melumasi Rantai Roda Dua (Istimewa) 

2. Lumasi rantai dan komponen lainnya agar rantai tidak terasa kaku dan bahkan bisa menjaga usia rantai lebih awet. Selain itu motor akan terasa lebih enteng dan nyaman saat dikendarai. Lebih baik lumasi rantai roda dua Anda dengan menggunakan minyak khusus (pelumas rantai) dan jangan menggunakan oli bekas.

3. Sebaiknya saat motor sudah tidak lagi digunakan (mesin dalam kondisi mati) dalam beberapa waktu kedepan yang sekiranya mesin dan knalpot sudah tidak lagi terasa panas (dingin).  Bersihkan dan perhatikan kotoran yang melekat pada rantai. Lebih baik gunakan standart berdiri (tengah) saat motor sudah tidak lagi dioperasikan. 

4. Lakukan pembersihan bagian yang sangat rentan dihinggapi kotoran, seperti ger dan rantai roda dengan menggunakan kain basah yang sudah terendam sabun detergen agar lebih mudah membersihkan kotoran yang membandel. 

5. Setelah dilakukan pengecekan dan pembersihan. Perhatikan juga kekencangan rantai, sebab hal ini dapat memicu ketidakpuasan Anda saat berkendara roda dua. Jika mengalami sedikit perubahan (kendur), kencangkan dengan baik, tetapi jangan terlalu kencang, sebab hal ini dapat memicu rantai tidak beroperasi dengan sempurna. 

Itulah sedikit Tips Atasi Rantai Motor Berkarat Saat Musim Hujan tiba. Mudah-mudahan penjelasan singkat di atas bermanfaat bagi kita semua. (yy)