Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayangan Anda

Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayangan Anda
Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic (Foto - Istimewa)
Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayangan Anda

Trend dunia motor matic di Bumi Zamrud Khatulistiwa ini, berhasil memikat hati para masyarakat dari berbagai kalangan. Laki-laki hingga para kaum ibu-ibu merupakan hal yang sudah biasa menggunakan model jenis motor tersebut.

Para pabrikan motor matic, kerap selalu menampilkan produk-produk anyar dan bahkan saling belomba-lomba untuk meraih minat dan maraup keuntungan di bursa pangsa pasar tanah air dengan cara selalu menelurkan jenis motor matic terbarunya.

Kegagahan motor matic ini, terlihat dari maraknya pangsa pasar di seluruh Nusantara yang berhasil menyalip harga kendaranaan bermotor jenis sport dan bebek.    

Namun terkadang, sebagian masyarakat hanya mencari sisi kemudahan dan kenyamanan saja saat berkendara menggunakan motor matic. Padahal kendala ataupun kerusakan pada motor matic akan mudah terjadi, apabila tidak melakukan perawatan secara benar.     

Motor bekas ataupun kendaraan yang masih baru, harus melakukan perawatan agar kendaraan awet dan tetap nyaman saat dikendarai.

Secara garis besar, perawatan motor matic tidak jauh berbeda dengan merawat motor jenis lain pada umumnya, namun hanya saja pada kendaraan tipe ini menggunakan sistem pembakaran yang berbeda dengan kendaraan biasanya seperti halnya dibagian karbulator/injeksi. Hal ini membutuhkan perawatan yang lebih inten dari pada kendaraan biasanya.

Dibawah ini sedikit akan kami berikan Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic, agar kendaraan kesayangan Anda tidak mudah rusak, awet dan tetap nyaman saat Anda tunggangi.

1. Panaskan Mesin Motor Secara Rutin

Cara sederhana merawat motor yang paling utama adalah rutin melakukan pemanasan/memanaskan motor setiap hari (sebelum Anda pergi). Dengan menggunakan metode seperti mesin oil yang ada pada motor, akan langsung bekerja melumasi ke beberapa komponen mesin.

Panaskan 5 – 10 menit. Usahakan menggunakan kick stater. Jika anda keseringan menggunakan stater elektrik, maka akan menguruangi umur daya bateray dan akan membuat kick stater lebih alot/keras saat digunakan/dibutuhkan.

2. Rutin Ganti Oil

Di posisi kedua, hal yang perlu Anda lakukan adalah rutin ganti oil secara berkala sesuai dengan nilai angka Kilometer (spedometer) motor. Usahakan setiap mencapai kurang lebih 1000 Km, sudah harus ganti pelumas dan untuk oli gardan/transmisi maksimal 5000 Km.  

Gunakan oli yang sesuai/digunakan pada motor matic Anda. 

Baca Juga: Mobil Jarang Digunakan Berpotensi Alami Kerusakan 

3. Jangan Keseringan Bensin Motor Habis.

Terkadang saking asyiknya berkendara, tiba-tiba Bensin motor habis tak tersisa, Alhasil motorpun akan berhenti dengan sendirinya alias mati. Jangan sampai kehabisan bensin, sebab hal ini dapat memicu timbulnya kerusakan pada mesin motor Anda.

Oleh sebab itu, biasakan sebelum Anda bepergian, periksa terlebih dahulu apakah bensin masih ada atau kurang, baik dilihat dengan cara melihat indikator speedometer atupun melihat langsung wadah/tempat penampungan  pada bensin tersebut.

Lebih baik gunakan bahan bakar/bensin yang berkualitas dan isi di tempat-tempat pengisian bensin yang terpercaya, seperti pom bensin, untuk menghindari terjadinya adanya bahan campuran pada bensin sehingga tidak mempengaruhi mesin motor.

4. Periksa Baterai/Aki

Secara umum, mayoritas pengguna kendaraan bermotor pernah mengalami kekuatan Aki low/rendah dan bahkan tidak berfungsi sama sekali (mati). Metode ini tidak mudah untuk mengetahui cara mendeteksinya. Namun apabila umur Aki sudah kisaran 1 - 2 tahun. Alangkah lebih baiknya sesegera mungkin diganti dengan Aki yang baru.

Aapabila kekuatan Aki sudah tidak mampu menyala, maka hal ini juga akan berdampak pada cahaya penerangan motor/lampu nampak sedikit berkurang dan bahkan terkadang kejadian Aki mati nampak begitu menjengkelkan.

5. Lakukan Perbaikan/Servis Secara Rutin

Agar motor matic kesayangan Anda tetap awet dan nyaman saat digunakan, lakukan perbaikan/Servis secara rutin di bengkel ataupun tempat-tempat yang membuka jasa perbaikan motor.

Mintalah kepada tukang service agar mengontrol semua kinerja/komponen-komponen penting yang ada pada motor tersebut.

Nah itulah Tips dan Cara Sederhana Merawat Motor Matic Kesayangan Anda tidak mudah rusak, awet dan tetap nyaman saat digunakan. (yy/rf)