Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia

Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia
Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia
Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia

Unews.id - Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia. Kedua pasangan tersebut bernama Julio Ceasar Mora dan istri tercintanya Waldramina Maclovia Quinteros. 


Hubungan kedua sedjoli ini, sudah menjalani bahtera rumah tangga selama 79 tahun lamanya dan hingga detik ini masih adem ayem ngejalani hidup bersama. 


Saat ini Mora sudah berusia 110 tahun dan istrinya akan menginjaki usia ke 105 pada bulan Oktober 2020 mendatang. 


Mora lahir kedunia pada tanggal 10 Maret 1910 sedangkan Quinteros lahir pada 16 Oktober 1915. Sebelum keduanya merajut kehidupan bersama, cinta mereka berdua diawali dengan pertemuan yang tidak diduga. 

Mereka bertemu saat liburan sekolah, saat saudara perempuan Quinteros menikah dengan sepupu Mora, seperti yang dikutip Unews.id dari CNN, Minggu (30/8)


Pertemuan perdana mereka, berlanjut hingga menjadi sahabat tujuh tahun lamanya dan menikah  pada tanggal 7 Februari 1941. Pernikahannya dilaksanakan secara tertutup dikarenakan keluarga  tak merestui, para sahabat dan wali baptis sebagai saksi bahwa keduanya resmi menjadi pasangan suami istri. 


Beberapa tahun lamanya, rumah tangga mereka ia jalani tanpa restu dari orang tua. Akan tetapi cinta lebih kuat dari segalanya, hingga akhirnya kedua belah pihak keluarga tunduk dan bisa mempersatukannya

"Untuk mempersatukan keluarga  syaratnya adalah cinta, saling menghormati, upaya yang jujur, dan pendidikan yang baik berdasarkan pada nilai-nilai keluarga adalah kunci hidup bersama," kata Mora dan istri tercintanya Waldramina Maclovia Quinteros dalam pernyataannya

Selain itu, hasil pernikahannya dikaruniai lima anak dengan 11 cucu, 21 cicit, dan sembilan canggah. Menurut pernyataan tersebut. Mora dan istri  berprofesi sebagai guru sampai dirinya purna tugas/pensiun.


"Kedua orang tua saya suka menonton film ke bioskop berdua, juga suka berkebun, dan makan malam besar bersama keluarga dan teman-temannya, ungkap Aura Cecilia," salah satu putri kandungnya.


Berdasarkan catatan Guinness World Records, Pasutri Asal Ekuador Dinobatkan Sebagai Pasangan Menikah Tertua di Dunia dan merupakan pasangan menikah yang masih hidup tertua di dunia. (yy/rf)