Menteri Edhy Probowo Ditangkap KPK Dukung dan Hormati Hukum, Kata Jokowi

Menteri Edhy Probowo Ditangkap KPK Dukung dan Hormati Hukum, Kata Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Foto - Istimewa)

NASIONAL, unews.idMenteri Edhy Probowo Ditangkap KPK, setelah diduga kesandung kasus korupsi ekspor benih lobster, Rabu dini hari tadi, (25/11/2020).

Proses penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango terkait informasi peristiwa tersebut. Bahkan menurutnya, proses penangkapan Edhy Prabowo juga merembet sejumlah pihak-pihak lain dan juga turut serta digelandang saat mengadakan operasi senyap tersebut.

"Informasi itu memang benar adanya, kami juga mangamankan beberapa orang  saat mengadakan operasi malam dini hari tadi," kata Nawawi saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Perihal terkait penangkapan salah satu menteri ini, mendapat tanggapan serius dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Menurutnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah bekerja secara profesional dalam menangani kasus dugaan merugikan uang Negara ini

Bahkan menurut orang nomor wahid di Bumi Zamrud Khatulistiwa ini, meyakini bahwa KPK sudah bekerja secara all out, terbuka, profesional dan transparan.

Baca Juga: Mahfud MD Tunjuk Suko Wiyono Jadi Ketua Sementara APHTN-HAN  

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) percaya bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah bekerja secara profesional dalam menangani kasus dugaan korupsi Menteri KKP Edhy Prabowo.

Terkait penanganan kasus Edhi, Jokowi juga menambahkan, mari kita hormati proses hukum yang berlaku dan yang sudah dilakukan oleh KPK.

"Tentunya kita wajib menghormati proses hukum yang tengah dilakukan dan berjalan di KPK. Mari Kita hormati," kata Jokowi dalam sebuah video yang diunggah lewat akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11/).

Dalam video Youtube tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (kiri) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah).

Beliau kembali menegaskan bahwa Pemerintah harus konsisten dan mendukung apapun dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya di tanah air dan saya yakin KPK sudah bekerja profesional dan semaksimal mungkin.

"Saya percaya bahwa KPK telah bekerja secara profesional. Pemerintah juga harus konsisten dan mendukung apapun itu dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," tuturnya

Saat ini, Edhy Probowo bersama sejumlah rekan lain yang juga diduga terlibat dalam kasus merugikan uang negera ini, sedang menjalani pemeriksaan secara insentif. (yy)