Intip Mobil Kepresidenan RI, Kualitas Number One!

Intip Mobil Kepresidenan RI, Kualitas Number One!
Intip Mobil Kepresidenan RI, Kualitas Number One (Foto - Istimewa)

Unews.id - Dalam menunjang kinerja dan kegiatan tugas besar membawa nama harum Kenegaraan. Para pejabat-pejabat petinggi negara, termasuk Presiden Republik Indonesia, memperoleh Mobil Kepresidenan dengan kualitas number one

Tentu saja mobil seorang presiden bukanlah sembarangan. Berbagai fitur canggih, keamanan dan teknologi yang tertanam pada roda empat yang seringkaili ditumpanginya, menjadi hal terpenting lantaran digunakan oleh orang nomor wahid di Bumi Zamrud Khatulistiwa.

Diperiode kedua masa kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo. Mercedes-Benz merupakan merek mobil ternama yang paling sering digunakan/roda empat andalan Kepresidenan Republik Indonesia.

Fakta dilapangan, terdapat kisah menarik di mana ada satu mobil Presiden, cukup lama/awet digunakan hingga empat generasi Presiden Republik Indonesia yaitu Mercedes-Benz S600.

Mobil yang seringkali menjadi sahabat karib Presiden RI ini, diproduksi tahun 1994 dan menjadi mobil Kepresidenan Republik Indonesia mulai dari masa kepemimpinan Almarhum B.J Habibie, Alm. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Ibu Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di era 2004-2009, dikutip Unews.id dari suara.com.

Berdasarkan fakta tersebut, merek Mercedes-Benz S600 berwarnakan hitam mulus ini menjadi mobil favorit kepresidenan RI dan paling lama digunakan.

Sebagai Mobil Presiden, Mercedes-Benz S600, tentu saja memiliki tingkat keamanan tinggi. Bahkan sudah tersertifikasi B6 yang membuat bodi dan kaca mobil ini, anti bocor alias tahan peluru.

Mobil dengan performa mesin M120 V12 6000 cc ini, juga telah dibekali dengan run-flat tyre. Dimana alat transportasi darat tunggangan petinggi ini tetap bisa melaju dengan mulus dan berkecepatan tinggi, meskipun kondisi ban kempis.

Dengan mesin Mercedes-Benz S600 ini juga mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer/jam hanya dalam waktu 5.5 detik, tenaga 440 daya kuda, dan torsi 623 Nm. Sehingga membuat mobil Jerman ini mampu melaju hingga 288 kilometer per jam.

Meskipun mobil ini diproduksi tahun 1994, berdasarkan spesifikasi tingkat keamanan dan fitur lain yang sudah tertanam pada mobil orang Number One di Bumi Nusantara ini, sudah layak digunakan dan bahkan sangat nyaman ditunggangi hingga empat kali masa pergantian Presiden Republik Indonesia. (yy)