Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Haji Umroh

Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Haji Umroh
Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Haji Umroh (Foto - Istimewa)
Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Haji Umroh

Unews.id - Alhamdulilah, akhirnya Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Haji Umroh setelah sekian lama sempat beristirahat dikarenakan adanya wabah virus Corona. Tak akan lama lagi Pemerintah akan segera mengumumkan rencana untuk membuka kembali izin pelaksaan ibadah haji umroh secara bertahap.

Kebenaran informasi tersebut menyusul adanya kebijakan dari pihak kerajaan bahwasanya akan mencabut beberapa penangguhan penerbangan international dan sudah mulai akan dilakukan sejak hari ini 15 September 2020.

Selain itu, pihak kerajaan rencananya juga akan mengakhiri semua pembatasan transportasi udara, darat dan laut bagi masyarakat Saudi pada Januari  2021 tahun depan.

Pemerintah Arab pernah memberikan pernyataan bahwa ibadah umrah sementara akan ditangguhkan di sepanjang tahun 2020, berlaku sejak bulan Maret kemarin guna meminimalisir adanya rasa kekhawatiran menyebarnya wabah virus disease, menyusul masih banyaknya warga negara luar yang terjangkit Corona

Akan tetapi, disisi lain Pemerintah juga telah melakukan sesi percobaan dengan memberlakukan ibadah wajib/haji kurang lebih 10.000 umat yang hanya diperbolehkan melaksanakan salah satu rukun iman ini di tanah suci.   

“Bagi para masyarakat timur tengah, sudah akan diperbolehkan memasuki wilayah tanah suci sejak hari ini, 15 September 2020 dengan catatan harus terbebas dan tidak terinfeksi virus Corona,” Kata kementerian sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Kantor Pers Saudi.

Beberapa bulan lalu, Pihak Arab juga telah melakukan gagasan perihal pembatasan untuk melakukan aktivitas di jam-jam malam dan menutup tempat-tempat kerumunan di berbagai  kawasan kerajaan.

Bagi para pegawai pemerintahan, para pekerja kedutaan asing, dan orang-orang yang membutuhkan perawatan medis, sudah akan diizinkan melakukan penerbangan mulai hari ini 15 September 2020.

Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi  juga akan terus berbenah dan terus berusaha agar wabah Virus Corona ini cepat teratasi. (yy/rf)


Sumber: cnnindonesia.com